Beranda > Feature > Yang Tak Berbekas

Yang Tak Berbekas

Yang Tak Berbekas

Zulkarnaini Masry

Gubuk-gubuk kecil tanpa dinding berjejer di pinggir pantai. Riuh rendah bersahut-sahutan seiring deburan ombak. Anak-anak sampai orang dewasa dewasa tumpah ruah menikmati keindahan pantai. Ramai sekali, kira-kira 1000-an pengunjung sore itu, Minggu 13 April 2009, mereka umumnya penduduk Banda Aceh dan Aceh Besar.

Babah Dua nama pantai itu. Pantai ini terletak di Desa Lampu’uk Kecamatan Lhok Nga Kabupaten Aceh Besar. Di Lampu’uk banyak tempat yang bisa dijadikan tempat sekedar melepas penat. Selain Babah Dua ada Babah Sa, Tebing, Off Road. Pantai Lampu’uk merupakan salah satu objek wisata laut yang ada di Aceh. Setiap Minggu, selalu ramai. Ada saja yang datang, bukan hanya orang pribumi. Bahkan ada juga wisatawan asing. Mereka datang membawa keluarga saat liburan.

Masih ingat tanggal 26 Desember 2004 lalu?

Bagi masyarakat Aceh tak mungkin melupakan musibah itu. Gempa disusul tsunami dipagi Minggu 26 desember 2004 telah meluluh lantakkan bumi Iskandar Muda. Lampu’uk salah satunya. Desa yang terletak 15 Km dari Banda Aceh ini sangat parah akibat tsunami. Hampir semua penduduk meninggal saat musibah itu datang. Melihat kondisi saat itu, tak yakin Lampu’uk akan berubah menjadi lebih indah.

“tak berbekas.” Kata Jasman, kawan aku yang baru sampai dari Jakarta.

Ia terkejut melihat suasana sore di Babah Dua, sangat kontras dengan apa yang ia pikirkan saat di Jakarta.

Dan semakin terkejut saat melihat cewek-cewek abg yang berbusana jauh dari peraturan negeri syariah. Mungkin sedikit berlebihan kalau aku katakan layaknya Jakarta. Umumnya cewek-cewek yang datang tidak berbusana muslimah. Dan di sana sudah menjadi hal yang biasa. Apakah ini salah? Tidak tahu.

Banyak penceramah mengatakan, stunami di Aceh sebagai peringatan. Sebelum tsunami maksiat notabene dilakukan di pantai-pantai. Benar atau salah wallahua’alm. Tapi kalau ada benarnya, sangat disayangkan. Terlalu cepat kita melupakan. Sehingga jejak-jejak musibah “raksasa” itu tak lagi berbekas.

Kategori:Feature
  1. 18 Juni 2009 pukul 11:45

    Salam kenal buat kamu !!
    Oh ya blog kamu cukup bagus dan elegan, senang melihat karyamu semoga kita dapat saling mengenal dan saling komunikasi dan saling bagi informasi sehingga kita dapat menukar informasi baru dan selalu belajar untuk lebih maju di berbagai perfektif ilmu agama dan pengetahuan lainya. Add kita di ym : lowongankerja99@yahoo.com hp: 081377185171

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: